Tutorial ExtJS dan CodeIgniter

Gary Almas Samaita

Dari sekian banyaknya mata kuliah yang ada di bidang studi Teknik Komputer dan Telematika, Jurusan Elektro ITS, salah satu yang memakan waktu dalam proses mengejar nilai A adalah Sistem Manajemen Basis Data dan Laboratorium(Basdat). Tantangan besar yang diberikan oleh dosen pengampu Basdat, yang hingga post ini terbit adalah bapak Dr. Ir. Yoyon Kusnendar, adalah bagaimana membangun sistem registrasi perkuliahan yang interaktif dan menjawab kasus-kasus yang diberikan.


Pada dasarnya, kami harus belajar kembali HTML untuk antarmuka form, CSS untuk mempercantik tampilan, JavaScript untuk interaksi antarmuka, PHP untuk jembatan antarmuka dan database, serta SQL untuk komando database. Beberapa yang memiliki semangat juang 45 membangun sendiri dari nol. Beberapa yang memiliki prinsip Keep It Simple, memilih menggunakan framework.

Sejauh ini framework yang paling sering digunakan adalah Bootstrap, framework CSS dan Javascript untuk tampilan dan interaksi, serta CodeIgniter, framework PHP untuk interaksi antarmuka dan database.

Setahun berlalu, semenjak saya mengambil matakuliah Basdat(Alhamdulillah mendapat A :D), akhirnya saya diperkenalkan dengan ExtJS, framework Javascript untuk membangun aplikasi web yang interaktif. Saya sedikit menyesal, mengapa baru lewat satu tahun saya baru mengenal ExtJS. Karena ternyata, untuk membangun sistem database yang sama rumitnya dengan apa yang saya buat satu tahun yang lalu, hanya diperlukan waktu kurang dari dua minggu. Sementara sistem registrasi perkuliahan yang saya bangun tahun lalu, memakan waktu lebih dari tiga bulan. Dan masih banyak kekurangan yang belum terselesaikan.

Sencha, perusahaan yang memegang hak milik ExtJS, memberikan cukup banyak demo yang menarik. Anda dapat menemukannya disini.

Kabar baiknya, meski pada laman muka Sencha ExtJS disebutkan harus membeli, rupanya ExtJS juga memiliki versi lain dengan lisensi GPL. Sehingga anda dapat menggunakan ExtJS secara gratis, namun diharuskan mempublikasikan source codenya. ExtJS terbaru versi GPL dapat diunduh di sini.

Karena terbatasnya sumber pembelajaran untuk ExtJS terbaru, saya memilih menggunakan ExtJS 4.2.1. Agar anda dapat lebih mudah dalam mempelajarinya, saya sudah mempersiapkan dan terus mengembangkan tutorial untuk membuat website basis data sederhana dengan kombinasi ExtJS dan CodeIgniter.

Semoga dapat bermanfaat.

4 komentar :

  1. Wah padat, singkat dengan link yang langsung pada poinnya, makasi yah, sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Yopie. Mohon maaf tutorial belum sempurna, namun semoga cukup untuk menambah ilmu.

      Hapus
  2. Mas Gary, saya mau nanya, saya berencana untuk membuat sistem penilaian vendor, rencananya saya akan menggunakan framework php codeigniter, tapi masi bingung teknologi js mana yang paling efisien digunakan, apakah ext js, bootstrap atau angularjs, kalau saya lihat extjs ini rumit ketika harus membuat tampilannya. Menurut mas gary baiknya saya menggunakan yang mana ya? Apakah ext js terlalu canggih, atau dengan bootstrap aja sudah cukup, atau bahkan lebih mudah menggunakan angularjs? Sistem yang saya buat ngga jelimet banget lah hanya input master, penilaian dan report2nya, minta tolong masukannya dari mas Gary ya? Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya banyak main di tampilan yang custom, saya lebih enak dan cepat pakai Bootstrap mas. ExtJS agak kaku untuk mengatur tampilan dan saya pun belum cocok dengan front end murni Javascript. Untuk AngularJS saya belum coba dalami. Saat ini saya baru sebatas menggunakan framework lain yang dibuat dengan AngularJS.
      Semoga membantu mas Yopie, terima kasih.

      Hapus